Dispora Minut Gelar Seminar Kebangsaan Sambut Hari Sumpah Pemuda

Minut Terkini

MINUT, SULUTPOST – Peran pemuda dalam pembangunan menjadi tema penting dalam seminar kebangsaan yang digagas dan dilaksanakan oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Minahasa Utara Selasa, (24/10/2023).

Seminar yang digelar Aula Kantor Camat Dimembe dengan pembicara dari Kesbangpol, KPU, Polres, KNPI dan Bank Sulut tersebut menghadirkan peserta dari sepuluh kecamatan. Masing-masing kecamatan mengutus 15 orang dan dilaksanakan selama dua hari.

Bupati Minut, Joune Ganda yang diwakili oleh Kaban Kesbangpol Sammy Rompis, menyampaikan apresiasi kepada pemuda yang telah ikut serta dalam pembangunan di Minut.

“Pemuda adalah tonggak pembangunan sebagai generasi penerus yang memiliki peran sebagai agen perubahan positif sekaligus juga menjadi agen pembangunan dan pembaharuan,” beber Rompis yang juga sekaligus sebagai pembicara.

Ia juga berharap, para pemuda tetap memelihara semangat dan mampu berperan aktif melahirkan gagasan yang konstruktif dalam pembangunan bangsa khususnya di kabupaten Minut.

Sementara itu Kadis Kepemudaan dan Olahraga Audy Sambul S.Sos mengatakan, tujuan dilaksanakannya Seminar ini ialah untuk meningkatkan kapasitas pemuda dan organisasi kepemudaan, menyadarkan peran pemuda dalam pembangunan, pemberdayaan dan pengembangan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-95 untuk peningkatan kapasitas peran serta pemuda dalam pembangunan di Minut,” ujar Kadis sembari mengatakan kegiatan ini digelar selama dua hari.

Terpisah Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Johan Wewengkang S.Sos M.Kes saat ditemui media ini berharap pelaksanaan ini akan memiliki impack kepada para peserta terutama mereka dapat mengambil peran serta secara aktif dalam pembangunan.

“Selain itu pemuda juga diharapkan dapat berkontribusi di semua aspek pembangunan, terutama ikut menyukseskan agenda penting nasional seperti pemilihan legislatif, kepala daerah dan presiden terutama dalam menghayati momentum Sumpah Pemuda ini,” tutup Wewengkang.

Secara berturut, KPU Minut diwakili langsung Ketua Hendra Lumanauw, Polres Minut yang diwakili Kasat Binmas Iptu Jonly Pangemanan, Branch Manager Bank Sulut Diana Sumeisey, Ketua KNPI Minut Virgino Dondokambey didampingi Sekretaris Agustinus  Kalengkongan  menjadi pembicara dalam seminar.

Para peserta terlibat aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Informasi dari panitia. peserta dihari pertama terdiri dari Kecamatan Likbar, Liktim, Liksel, Talawaan dan Dimembe. Dan hari kedua Kecamatan Kalawat. Airmadidi, Wori, Kauditan dan Kema yang dilaksanakan di Kecamatan Kauditan. (**/Afen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *