Bupati Bolmong Lantik Forum LIMI Tanahku, Sekaligus Deklarasi Perdamaian Warga Desa Tiberias

Bolmong Raya Headline Terkini Terpopuler

Bupati Bolmong Lantik Forum LIMI Tanahku, Sekaligus Deklarasi Perdamaian Warga Desa Tiberias

BOLMONG SULUTPOST-Pejabat bupati kabupaten bolaang mongondow (Bolmong),Ir.Limi Mokodompit MM, menghadiri pelantikan forum Layanan Inovasi Mediasi dan Informasi (Limi Tanahku) Sabtu, 25 November 2023.

Kegiatan pelantikan tersebut, Dirangkaikan dengan deklarasi perdamaian masyarakat desa tiberias, bertempat di balai desa Tiberias , Kecamatan Poigar (Bolmong’red).

Dalam sambutannya Bupati Limi mokodompit menyampaikan terima kasih ,Syukur Moanto,kepada camat poigar dan jajaran,Sangadi dan perangkap desa teberias,forum Limi Tanahku, bahkan seluruh pihak-pihak yang terkait,dimana acara ini sangat penting dan strategis,sebagai upaya kita bersama dalam menciptakan suasana yang nyaman, harmonis di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, Khususnya di wilaya kecamatan poigar.

“Di kesempatan ini pula,atas nama pemerintah kabupaten bolaang mongondow,menyampaikan ucapan Selamat kepada bapak-ibu yang dilantik dalam forum Limi Tanahku.

Dimana kata Bupati, forum ini akan membatu tugas-tugas pemerintah kecamatan poigar dan masyarakat, Khususnya dalam hal permasalahan dan sengketa tanah.”kata bupati Limi mokodompit.

Lanjut Bupati,di berbagai tempat di indonesia sangat banyak ditemui dan sering terjadi berbagai permasalahan konflik tanah,yang berujung pada sengketa dan sering diperdebatkan oleh beberapa pihak terkait, dimana fungsi tanah sangat penting bagi alam kehidupan manusia, sehingga tana menjadi salah satu objek yang rawan terhadap konflik,yang menimbulkan terjadinya sengketa tanah baik antar individu maupun antar kelompok, karena masing-masing berusaha untuk mempertahankan setiap hak yang ingin dimiliki dan ingin dikuasai.

“Sebagai fenomena hukum, setiap sengketa memerlukan tindakan penyelesaian,karena tidak ada suatu sengketa tampa adanya penyelesaian,dan berbagai bentuk penyelwsaian sengketa dalam masyarakat antara lain berupa Ajudikasi atau melalui Institusi pengadilan, penyelesaian melalui mediasi, penyelesaian melalui Arbitrasi atau melibatkan pihak ketiga,penyelesaian melalui negosiasi ” ujarnya.

Dari berbagai bentuk penyelesaian sengketa yang disebutkan tadi ucap Bupati,  tentunya bentuk penyelesaian sengketa melalui mediasi, merupakan penyelesaian yang sangat tepat dan merupakan solusi terbaik atas permasalahan sengketa tanah, sehingga pada hari ini dibentuklah forum layanan inovasi, mediasi dan informasi atau Limi Tanahku kecamatan Poigar.Terang bupati Limi mokodompit.

Hadir dalam acara Limi Tanahku, antara lain, Camat poigar, kapolsek poigar, Danramil poigar, staf Khusus bupati, pengurus organisasi sosial kemasyarakat dan pemuda, Sangadi Desa Tiberias Abner Patras, BPD dan perangkap desa se-kecamatan poigar,Toko-toko masyarakat,toko agama,toko adat,tokoh perempuan.toko pemuda. (DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *