Dinas Lingkungan Hidup Kota Tomohon Gagas Program Kelurahan Hijau

Headline Tomohon

TOMOHON, SULUT POST – Launching Program Kelurahan Hijau Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dilaksanakan di Kelurahan Kayawu kecamatan Tomohon Utara pada Jumat (29/10/2021).

Bunyi Tetengkoren yang ditabuh oleh Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Drs. ODS Mandagi, menandai dimulainya program prestisius yang dimotori oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tomohon tersebut.

Walikota Tomohon Carol J.A. Senduk, SH, dalam sambutan yang dibacakan oleh ODS Mandagi, menegaskan seriusnya pencemaran dan kerusakan lingkungan yang mengancam bumi saat ini.

“Pemkot Tomohon sangat serius dalam upaya pelestarian Lingkungan. Pencanangan Kelurahan Hijau menandai dimulainya kampanye dan aksi nyata kita untuk terus berkomitmen dalam masalah ini,” ungkap Mandagi.

Dengan Gerakan Kelurahan Hijau, lanjut Walikota, akan meningkatkan pasrtisipasi masyarakat dalam upaya pelestarian Lingkungan yang Bersih dan Indah.

“Semua pihak jadi terkait dalam tanggung jawab menjaga kelestarian Lingkungan dan keselamatan Bumi. Apakah pemerintah, penguasa atau masyarakat umum, semua punya tanggung jawab yang sama,” tegas Walikota.

Turut hadir pada acara yang digelar di Balai Pertemuan Umum (BPU) Rayun tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon dr. Jeand’arc Senduk-Kariundeng, Kepala Dinas (Kadis) DLH John S. Kapoh, SS,S.MSi, Camat se-Kota Tomohon, Lurah, para tamu dan undangan lainnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Kadis DLH John Kapoh menjelaskan, sejumlah item kegiatan akan di laksanakan di Wanua Kayawu yang menjadi pilot project Kelurahan Hijau.

“Disini kita sudah mulai dengan kegiatan pengolahan sampah plastik di TPS-R. Limbah plastik diubah menjadi produk kerajinan yang bernilai ekonomis. Total disiapkan sebanyak 3.500 pohon Kayu dan Buah. Setiap keluarga diberi 2 jenis pohon,” ujar Kapoh.

Menjadi pilot project Kelurahan Hijau, pemerintah dan warga Kayawu merasa mendapat kehormatan.

“Terima kasih kepada pak Walikota dan pak Wakil Walikota Tomohon yang sudah menjadikan Kayawu sebagai tuan rumah pelaksanaan Launching Kelurahan Hijau Kota Tomohon,” ungkap Lurah Kayawu Ferry Pojoh, SPd.

 

Reporter : Joppy Wongkar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *