Bupati Limi Mokodompit Dampingi Wakil Gubernur Pada Penyerahan Data Kependudukan Siswa, Rapat Kerja Dan penanaman Jagung

Bolmong Raya Headline Terkini Terpopuler
Foto: Bupati Bolmong Ir.Limi Mokodompit MM, saat me dampingi Wakil Gubernur Sulut.

BOLMONG,SULUTPOST- Penjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir. Limi Mokodompit MM, mendampingi Wakil Gubernur Sulawesi Utara ( Sulut ) Steven EO Kandow, dalam rangka penyerahan data kependudukan siswa dan Rapat Kerja ( Raker ) yang dilaksanakan di dua wilayah. yaitu, Bolaang Mongondow dan Kotamobagu.

Kunjungan Kerja Wakil Gubernur Sulawesi Utara di wilayah Kota Kotamobagu tersebut diawali dengan kunjungan ke SMA Negeri 1 Inobonto dan SMK Negeri 1 Kotamobagu untuk menghadiri kegiatan Optimalisasi Dokumen Strategis Kependudukan (ODSK), berupa pembuatan KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak dan Identitas Kependudukan Digital.

Foto: Kegiatan Rapat Kerja (Raker) yang di hadiri oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kotamobagu. Selasa 19 Desember 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Kerja bersama jajaran Pemerintah Bolaang Mongondow dan Pemerintah Kotamobagu, yang dilaksanakan di Gedung Siti Barokah Convention Hall – Mogolaing, Sekaligus berakhir pada kegiatan penanaman jagung di lahan pertanian Desa Ponompian, Kecamatan Dumoga, Selasa 19 Desember 2023.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Sulut menyampaikan, bahwa Kunjungan Kerja (Kunker) di SMA Negeri 1 Inobonto, sehubungan menyerahkan dokumen penting yaitu Kependudukan. tapi intinya, kita patut menjamin kualitas pendidikan di Sulawesi Utara, apakah kita sudah baik, apakah kita sudah diatas rata – rata nasional.

Foto: Rapat Kerja ( Raker ) Wakil Gubernur Sulut bersama jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Selasa 19 Desember 2023.

Dikatakan Wakil Gubernur Sulut, kita harus berinovasi, mulai dari Guru – guru, integritas bekerja harus nomor satu, dan yang kedua yang tidak kalah penting adalah Orang tua.

“Orang tua harus mampu mendorong anak, mengawasi anak, mendampingi anak, tidak boleh anak – anak dibiarkan, harus didampingi, dan yang paling utama adalah adik – adik siswa sendiri, dimana Adik – adik harus mempunyai tekad, harus punya komitmen pribadi, bahwa saya harus lebih dari orang tua saya, saya harus berhasil, dan dari sekarang semua harus ada Cita – cita. Cita – cita gantung setinggi langit. Adik – adik harus punya tekad untuk sukses,”ujar Wakil Gubernur Sulut.

Semenyara itu pada kegiatan Rapat Kerja ( Raker ) dikatakan Wakil Gubernur, bahwa tak lain untuk memperkuat koordinasi dan menyamakan persepsi antar Pemprov dan pemerintah daerah.

“Kunker ini membahas apa saja yang menjadi problem yang terjadi selama masa pemerintahan ODSK, tujuannya demi sukses jalannya pemerintahan dan kesejahteraan rakyat,” kata Steven Kandouw.

Terkait pemerintahan, Steven Kandouw juga menekankan beberapa hal penting. Dalam kesempatan itu, Steven Kandouw terus mengingatkan terwujudnya good government dan clean government.

Menurutnya terdapat beberapa indikator penting untuk mewujudkan dua hal tersebut. yakni : Indikator pertama yaitu akuntabilitas, dimana Semua harus mampu mempertanggungjawabkan semua kewenangan apalagi keuangan.

Selanjutnya Aksesibilitas. dirinya berharap semua kegiatan maupun pengelolaan keuangan jangan ditutup-tutupi dan jangan sampai ada penyalahgunaan wewenang, apalagi terkait anggaran yang bisa berpotensi hukum.

Bahkan Wagub menekankan tentang pentingnya koordinasi dalam jalannya pemerintahan. dimana koordinasi harus dilakukan sesuai aturan secara berjenjang, juga jangan ada lagi ego sektoral antar perangkat daerah dam bisa membias pafa proses jalannya pemerintahan di masing-masing daerah.

Yang terakhir adalah presisi atau ketepatan dalam menjalankan tugas. Contohnya, dalam penyusunan anggaran, diminta semua harus tepat sasaran dan fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan supaya bisa membuahkan hasil yang baik,” tandas Wakil Gubernur Sulut.

Foto: Bupati Bolmong mendampingi Wagub Sulut dalam kegiatan penanaman Jagung di lahan pertanian Desa Ponompian, Kecamatan Dumoga (Bolmong-red) Selasa 19 Desember 2023.

Begitupun pada kegiatan penanaman jagung di lahan pertanian Desa Ponompian Kecamatan Dumoga (Bolmong-red) Dirinya mengajak kepada masyarakat untuk dapat memamfaatkan lahan pertanian dengan baik, agar bisa menghasilkan panen yang bagus.

Tambahnya, profesi petani adalah pekerjaan yang tidak pernah bisa dihentikan oleh Covid, atau halangan apapun. Pertanian itu, bisa terus dijadikan sandaran hidup, apalagi sampai kapanpun kita tetap perlu produk pertanian untuk makan.

Foto: Di Dampingi Bupati Bolmong, Wagub Sulut saat menyerahkan bantuan kepada warga.

“Karena itu, pembangunan di bidang pertanian terus di kembangkan. Didukung juga dengan kwalitas tanah kita yang jauh lebih baik dari daerah lain. Kita benar benar di berkati oleh tuhan, karena tanah kita subur,” Tutur Wagub Sulut Steven OE Kandouw.

Kegiatan Kunjungan Kerja Wagub Sulut tersebut, turut dihadiri dan didampingi oleh Penjabat (Pj) Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Plt Sekda Abdullah Mokoginta, Jajaran Forkopimda Bolmong, Kepala OPD lingkup Pemkab Bolmong.

(Lucky Lasabuda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *