Bupati Jusnan Mokoginta Apresiasi Diberlakukan Penerapan Aplikasi TTE Untuk Pemerintah Desa

Bolmong Raya Headline Terkini Terpopuler

BOLMONG,SULUTPOST-Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow, melaksanakan Launching Aplikasi Tanda Tangan Elektronik (TTE), yang di gelar di bantaran kantor Bupati, pada Kamis 4 Juli 2024.

Launching tersebut tujuan untuk meningkatkan pelayanan publik, sehingga mulai di terapkan di Pemerintah Desa di Kabupaten Bolaang Mongondow.

Bupati Bolaang Mongondow dr. Jusnan Calamento Mokoginta, menyampaikan, bahwa aplikasi Tanda Tangan Elektronik (TTE) seyogianya lebih memudahkan proses palayanan.

“Ini patut di apresiasi, karena Bolaang Mongondow satu-satunya daerah dari 15 Kab/Kota di Sulawesi Utara, yang pertama kali memberlakukan aplikasi TTE, dan sudah mendapatkan izin penerapan dari Badan Siber Sandi Negara (BSSN) dan balai sertifikat elektronik, ” kata Bupati.

Bahkan ucap Bupati, proses penggunaan TTE di lingkup Pemerintah Bolaang Mongondow, dapat meningkatkan kualitas keamanan sistem pemerintahan berbasis elektronik serta perlindungan infrastruktur informasi vital.

“Implementasinya Tanda Tangan Elektronik (TTE) ini, dapat meningkatkan kualitas keamanan sistem berbasis elektronik serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan efektif,”ujar Bupati.

Sementara itu, Kadis Kominfo Bolmong Mari’ef Mokodompit S.Kom, mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik telah mengamanatkan tentang kewajiban bagi segenap pemerintah daerah untuk menerapkan keamanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sedangkan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2022 pun telah menetapkan sektor admnistrasi pemerintah layanan transportasi, keuangan, kesehatan serta teknologi informasi dan komunikasi sebagai infrastruktur informal vital, yang wajib diselenggarakan secara handal, aman dan terpercaya.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan jaminan dan kepastian keamanan sistem pemerintahan berbasis elektronik dan infrastruktur informal vital Kabupaten Bolmong diantaranya adalah penerapan tanda tangan elektronik,” jelas Kadis Kominfo Bolmong Mari’ef Mokodompit.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *