JG – KWL Resmikan Puskesmas Kahuku Likupang Timur Minut

Headline Minut Terkini Terpopuler

MINUT, SULUTPOSTonline.id – Bupati Minut Joune Ganda, SE., MM., MAP., M.Si didampingi Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulung, SH., MH., bersama Kadis Kesehatan dr. Stela Savitri M.Kes, dan sejumlah Kepala OPD Minut, Sabtu, (06/07/2024) meresmikan Puskesmas Kahuku Desa Kahuku Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda (JG) klaim Puskesmas Kahuku, Puskesmass terindah se-Indonesia.

Puskesmas Kahuku dibangun tahun 2023 oleh Pemkab Minut dengan menggunakan anggaran AOBN sebesar Rp 8.671.581.703.

Puskesmas Kahuku terbilang Puskesmas megah yang berdiri di atas bukit dan menghadap laut dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Pembangunan Puskesmas ini merupakan upaya Bupati dan Wakil Bupati Minut JGKWL untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga yang berada di Pulau Bangka dan sekitarnya sekaligus juga sebagai penunjang KEK Pariwisata.

“Puskesmas Kahuku menurut saya terindah se-Indonesia. Pemandangannya sangat indah. Lebih cocok dijadikan vila atau hotel. Tapi, fasilitas ini diberikan untuk masyarakat. Dijamin, pasien saat tiba di Puskesmas ini langsung sembuh. Suasananya luar biasa,” kata Joune Ganda, sambil menebar senyum dan kagum.

Menurut Bupati Joune Ganda, Puskesmas Kahuku dibangun sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan.

“Puskesmas ini sudah seperti rumah sakit kecil yang dilengkapi berbagai peralatan kesehatan dan pelayanan perawatan seperti bersalin, perawatan gigi, THT dan pelayan kesehatan lainnya. Puskesmas ini dilengkapi juga dengan rumah dinas dokter,” ujar Bupati.

Lanjut kata Bupati, bukan hanya bangunan Puskesmas-nya yang megah namun 30 tenaga kesehatan profesional telah disiapkan yang sengaja ditugaskan di sana untuk melayani masyarakat di empat desa Pulau Bangka dan warga desa sekitarnya.

Dikatakan Joune Ganda, tahun lalu Minut mendapat penghargaan sebagai kabupaten yang memiliki tenaga kesehatan terlengkap di setiap puskesmas yang ada. Dan ini berlaku juga untuk Puskesmas Kahuku meskipun baru diresmikan dan berada di tengah Pulau Bangka.

“Surat Keputusan untuk mereka sudah dibuat dan sudah saya tanda tangani. Saya harapkan Pulau Bangka yang telah masuk dalam masterplant-nya Bapenas ini akan lebih berkembang. karena akan dibangun jalan untuk menghubungkan sejumlah desa, pembangkit listrik tenaga surya, dan infrastruktur pariwisata lainnya. Bupati harapkan menjadi daya tarik baru pariwisata di Minut, Sulut, Indonesia dan Mancanegara.

Saking kagumnya Bupati terhadap Gedung Puskesmas tersebut hingga ia menyempatkan diri berswa foto (selfie) dengan latar belakang Puskesmas yang baru itu.

(Vera E Kastubi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *