Akibat Perubahan Cuaca, Masyarakat Diminta Mewaspadai Penyakit ISPA dan DBD

Nusa Utara
SANGIHE- Perubahan cuaca panca roba akhir- akhir ini selain ancaman Demam Berdarah (DBD) peningkatan kasus penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) di Kabupaten Kepulauan Sangihe juga perlu di waspadai dan jadi perhatin serius.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan daerah Kepulauan Sangihe, dr Handry Pasandaran ME, saat dikonfirmasi terkait ancaman penyakit akibat perubahan cuaca di Sangihe, Jumat (05/7/2024).
Dikatakannya, Perubahan cuaca yang terjadi saat ini memicu berbagai penyakit, termasuk ISPA yang banyak diderita oleh masyarakat.
“Kami telah menginstruksikan Puskesmas untuk melaporkan secara aktif kegiatan surveilans setiap awal minggu. Kegiatan ini melibatkan pelaporan aktif mengenai penyakit yang terdeteksi di wilayah kerja masing-masing, yang kemudian direkap oleh Dinas Kesehatan untuk dianalisis,” ujar Pasandaran.
“Kami juga mengimbau Puskesmas untuk melakukan penyuluhan mengenai kewaspadaan terhadap tren peningkatan kasus-kasus penyakit menular, terutama yang biasanya meningkat selama masa pancaroba seperti ini,” tambahnya.
Meskipun kasus DBD menunjukkan penurunan yang signifikan, penyakit ini tetap menjadi perhatian Dinas Kesehatan.
Untuk itu dirinya berharap masyarakat segera berobat ke fasilitas kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.
(Wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *