Bupati Minsel Hadiri Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Tokoh Agama

Headline Minsel Terkini Terpopuler

MINSEL, SULUT POST – Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar, SH menghadiri kegiatan penguatan moderasi beragama bagi tokoh agama dan pemuda lintas Agama Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Gereja GMIM Setia Kudus Pondang, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Sabtu, 21/09/24.

Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama dan kepercayaan yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai kesepakatan Berbangsa.

Penguatan moderasi beragama diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah secara terencana, Sistematis, Koordinatif, Kolaboratif, dan berkelanjutan sebagaimana tertuang dalam peraturan Presiden Republik Indoensia Nomor 58 Tahun 2023 tentang penguatan moderasi Beragama.

Dalam menjaga keberagaman umat beragama di Kabupaten Minahasa Selatan, serta kedamaian dan kerukunan diperlukan moderasi beragama yang telah dan akan terus dilakukan oleh Pemerintah Daerah sebagai wujud komitmen. Dimana dalam pelaksanaanya dilakukan melalui berbagai program startegis yang melibatkan para Tokoh Agama bahkan peran dan kapasitas Pemuda.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, menggandeng para Tokoh Agama dan para pemuda untuk bersama-sama mendukung berbagai program straregis yang dilakukan di tengah usaha Pemerintah Daerah dalam menghadapi berbagai masalah Kebangsaan, seperti Inflasi, stunting, polio dan kemiskinan ekstrim. Dikarenakan kapasitas dan kapabilitas Ibu/Bapak sebagai tokoh agama yang merupakan mitra sekaligus perpanjangan tangan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan.

Bupati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ata nama Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan, menyampaikan terima kasih dan Apresiasi Kepada Ibu dan Bapak para Tokoh Agama atas peran, fungsi dan dedikasi dari Ibu dan Bapak sekalian yang Telah Berkontribusi secara nyata mendukung dan menyukseskan berbagai Program Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan sampai dengan saat ini.

“Marilah terus kita menjaga dan merawat kebersamaan ini, untuk terus Berkolaborasi, untuk terus bekerja bersama, dan untuk terus berjuang bersama membawah perubahan besar bagi Kabupaten Minahasa Selatan melalui kerja nyata yang telah kita lakukan dan akan terus kita lakukan secara bersama-sama.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Harian KONI Provinsi Sulawesi Utara, Brigjen. TNI. (Purn.) Theo Kawatu, S.IP., juga sebagai Calon Wakil Bupati Minahasa Selatan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Minahasa Selatan, Archilaus Egeten, S.PAK, M.Si., Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Selatan, Pdt. Stien Rondonuwu, M.Th., bersama Anggota, Ketua BKSAUA Kabupaten Minahasa Selatan,
Pdt. Esther Assa, M.Th., bersama Anggota, Staf Khusus Bupati Minahasa Selatan dan para Tokoh Agama beserta Tokoh Pemuda Lintas Agama.

Dalam kegiatan ini, Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Inspektur Daerah dan Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan.

(*Sondi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *