Bawaslu Minut Gelar Sosialisasi dan Apel Siaga Serta Deklarasi Kampanye Damai

Headline Minut Terkini Terpopuler

MINUT, SULUTPOSTonline.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) gelar Sosialisasi Dan Apel Siaga Serta Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Kabupaten Minahasa Utara 2024, di halaman Kantor Bawaslu Minut, di kelurahan sukur kecamatan Airmadidi sabtu, (28/9/2024).

Upaya Bawaslu Minahasa Utara dalam menggelar sosialisasi, apel siaga, dan deklarasi kampanye damai memiliki tujuan yang sangat penting dalam menjaga integritas dan kredibilitas Pemilu maupun pesta demokrasi lainnya.

Ketua Bawaslu Minut Rocky Ambar dalam sambutannya mengatakan,
Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam upaya menjaga integritas dan keamanan Pemilu serta mendorong pelaksanaan proses demokrasi yang bersih dan bermartabat.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kita semua tentang pentingnya menjaga netralitas, menjunjung tinggi etika dalam berdemokrasi, serta mematuhi regulasi yang berlaku. Apel siaga diadakan sebagai bentuk kewaspadaan kita bersama dalam menghadapi segala potensi gangguan atau pelanggaran selama proses pelaksanaan Pemilu,” tutur Rocky.

Sementara itu, deklarasi kampanye damai adalah komitmen bersama untuk menjalankan kampanye dengan sikap santun, menghindari konflik, dan merangkul semangat sportivitas dalam bermusyawarah demi kepentingan bersama.

Dengan kerjasama dan partisipasi penuh dari seluruh pihak, saya yakin Pemilu kali ini akan berjalan lancar, damai, dan sukses, Mari kita tunjukkan bahwa kita mampu menjalankan proses demokrasi dengan kedewasaan dan tanggung jawab,” ujar Rocky.

Kehadiran Panwas lanjutnya, bukan untuk mencari kesalahan, atau melakukan intimidasi, melainkan melakukan pengawasan dan menjamin keamanan.

“Kita juga mengingatkan kepada Paslon untuk tetap menjaga keamanan. Kami mengingatkan juga terkait pendidikan politik, agar masyarakat memiliki kedewasaan dalam berpolitik, dan mencegah adanya berita bohong (hoax), saling menjatuhkan dan Isu SARA,” sebut Rocky Ambar.

“Harapan kami, bahwa Bawaslu Minahasa Utara bersama seluruh jajaran berjumlah 261 dan nanti akan ketambahan 352 pengawas TPS. Mari kita membangun iklim politik yang sejuk, tentu kita tahu bersama iklim di Minahasa Utara melalui Pemilihan Kepala Desa yang terlebih dahulu diteladani leluhur kita, kiranya dapat kita implementasikan bersama,” pungkas Rocky Ambar.

Dengan kerjasama dan partisipasi penuh dari seluruh pihak, saya yakin Pemilu kali ini akan berjalan lancar, damai, dan sukses, Mari kita tunjukkan bahwa kita mampu menjalankan proses demokrasi dengan kedewasaan dan tanggung jawab.

“Terima kasih atas kehadiran dan dukungan dari semua pihak. Semoga acara ini menjadi tonggak bersejarah bagi kemajuan demokrasi di Minahasa Utara.
dilaksanakannya apel siaga ini, sebagai bagian dari kita melakukan pengawasan dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Minahasa Utara,” tutup Rocky.

Sementara itu PJS Bupati Minut Reza Dotulung dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemerintah hadir agar bisa memastikan pilkada dapat berjalan dengan lancar dan aman di kabupaten Minahasa Utara.

“Mari kita semua bersatu, bekerja sama, dan memberikan contoh positif dalam mendukung jalannya Pemilu yang aman, tertib, dan demokratis. Dengan semangat kebersamaan dan kerjasama yang kuat, saya yakin kita bisa menyelenggarakan Pemilu yang sukses dan berintegritas,” ujar Bupati.

Selesai Deklarasi, para undangan di suguhi dengan penampilan menarik Civhaz Band dan penampilan dari penyanyi grup Cocolence.

Perlu di ketahui Paslon Joune Ganda dan Kevin William Lotulung (JG-KWL) tidak sempat hadir di karenakan sedang menghadiri Deklarasi Partai PDIP di provinsi yang sudah terjadwal sebelumnya dan sudah di informasikan ke ketua Bawaslu Minut secara lisan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pjs. Bupati Minut Reza Dotulong, Ketua KPU Minahasa Utara Hendra Lumanauw, Kordiv P3S Bawaslu Minut Waldi Mokodompit, Sekretaris Bawaslu Minut Michael Polii, Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Risky Pogaga, Kadiv Teknis Penyelenggara Ibnu M Dali, Kadiv Data Perencanaan Iren Buyung Kapolres Minut, Kepala PN Airmadidi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Minut,

(Vera.E.Kastubi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *