Akhirnya Kepala Daerah Tetangga “Mau Hadir” di Kota Tomohon

Headline Terkini Terpopuler Tomohon

TOMOHON, SULUT POST – Rekor baru dalam sejarah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara terjadi pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon yang digelar di Aula Adelweis Kolongan Satu pada Sabtu (29/01/2022).

Catatan istimewa ini terkait kehadiran para pejabat Sulut dan pimpinan daerah tetangga.

“Dalam 18 kali pelaksanaan HUT Kota Tomohon, baru kali jumlah kepala daerah yang hadir banyak. Selain pak Gubernur, sekarang ada 3 Bupati dan 2 wakil bupati daerah tetangga yang hadir,” ungkap D. Mandagi.

Lebih mengesankan lagi, lanjut mantan pejabat Eselon II Pemkot Tomohon ini, hampir semua pejabat tinggi provinsi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berkesempatan hadir .

“Kali ini ada Pangdam XIII Merdeka, Dan Lanal Bitung, Kapolda Sulut, Kajati Sulut, Dandim 1302 Minahasa, Kajari Tomohon, Kapolres Tomohon dan pejabat lintas sektoral lainnya. Ini tidak pernah terjadi dalam acara sebelumnya,” kata Mandagi.

Senada dikemukakan oleh salah satu pengamat Politik Ir. Lefrand Pangemanan.

“Kehadiran pejabat di luar kebiasaan ini bisa dipengaruhi oleh latar belakang politik para kepala daerah. Kebetulan PDIP mendominasi. Mereka tentunya kompak untuk acara seperti ini,” ungkap Pangemanan.

Bisa jadi, tambah Lefrand, para pejabat Tomohon sebelumnya tidak menggubris undangan acara dari daerah lain.

“Sepengetahuan saya, pimpinan kota Tomohon sebelumnya tidak rajin bahkan mengabaikan undangan kabupaten tetangga seperti Minahasa, Mitra atau Manado,” tutupnya.

Istimewanya kehadiran para pejabat daerah lain, sempat disentil oleh ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah, SE saat menutup Rapat Paripurna dalam rangka HUT Kota Tomohon ke-19 tahun ini.

Sesuai data yang dikutip dari buku tamu, nama-nama pejabat Daerah di Sulut yang hadir antara lain, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Bupati Kabupaten Minsel Frangky Donny Wongkar, SH, Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si, Bupati Minut Joune Ganda, Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Rembang, MTh, Wakil Bupati Bolsel Deddy Abdul Hamid dan pejabat yang tergabung dalam Forkopimda Sulut seperti Kodam XIII Merdeka, Kapolda, Danlanal, Kodim dan lain-lain. (Joppy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *