Pemda Bolmut Gelar Prosesi Adat Mopohabaru Sambut Ramadan 1443 H

Bolmong Raya Headline Terkini Terpopuler

BOLMONG UTARA, SULUT POST – Pemerintah Daerah (Pemda) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar prosesi adat Mopohabaru dalam rangka menyambut Ramadan 1443 H. Kegiatan prosesi tradisi adat tersebut diselenggarakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Kegiatan dilaksanakan di kediaman Bupati Bolmut, Jumat (25/3/2022).

Pelaksanaan prosesi adat Mopohabaru diawali dengan bahasa adat yang disampaikan oleh pemangku adat, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bolmut Drs. H. Depri Pontoh berkaitan dengan proses penyambutan bulan suci Ramadan.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan memasuki bulan Ramadan 1443 H selama 1 bulan ini, dikatakan bupati, masyarakat kabupaten Bolmut harus menyambutnya dengan penuh rasa syukur, karena bisa kembali melaksanakan ibadah dibulan suci Ramadan ini, baik sholat terawih di Masjid, tadarus di Rudis Bupati, Wakil Bupati, serta Sekretaris Daerah, sampai di kediaman para Camat se-Kabupaten Bolmut. Selain itu menurut Bupati, safari Ramadan akan secara bergilir dilaksanakan oleh Pemda, namun harus memperhatikan prokes.

“Semoga kita semua masyarakat umat muslim di Kabupaten Bolmut dapat menjalankan rukun Islam  yang ketiga hingga dapat melaksanakan sholat Idul Fitri 1443 H,”ujar Bupati dalam acara tradisi tersebut.

Bupati juga mengajak masyarakat Bolmut untuk selalu meningkatkan kualitas iman sebagai seorang muslim, serta taat beribadah menyongsong hari raya bulan suci tahun ini.

Momentum kegiatan tradisi tersebut dirangkaikan pula dengan kegiatan Arwah Bulan oleh Pemda dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1443 H.

Turut hadir dalam kegitan tersebut, Wakil Bupati Bolmut Drs. H. Amin Lasena, MAP, Ketua TP-PKK, Kepala Kejari Bolmut, Kapolres Bolmut, Kepala Pengadilan Agama Bolmut, Sekretaris Daerah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bolmut, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, para Pimpinan OPD, Camat, Sangadi se-Kabupaten Bolmut, para tokoh Agama, tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan para undangan lainnya yang hadir. (Jhon Walujan)

 

Sumber: Kominfosandi Pemkab Bolmut

#SulutPost

#sulutpostonline.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *