Warga Kinilow Menjerit, Proyek Air Miliaran Rupiah Tak Berfungsi

Headline Terkini Terpopuler Tomohon

TOMOHON, SULUT POST – Ketersediaan air bersih di beberapa tempat di Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara masih sangat bermasalah.

“Sebagian warga Kinilow Raya kecamatan Tomohon Utara sudah hampir 3 tahun tidak mendapatkan air bersih dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tomohon,” ungkap Drs. Eddy Rompas, kemarin.

Karena itu, tokoh masyarakat Kinilow ini meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon supaya memperhatikan permasalahan serius ini.

“Masalah ini sudah berlangsung lama. Jadi mohon kepada PDAM Tomohon supaya mendengar apa yang yang kami keluhkan,” ujar Rompas.

Warga setempat, kata Rompas, mempertanyakan dua proyek penyediaan air bersih dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah (PUPR) Tomohon yang nilainya sangat fantastis, tapi tidak difungsikan.

“Padahal di kelurahan kami ada 2 paket pekerjaan air bersih. Pertama proyek tahun anggaran 2020 hampir 3 miliar. Kemudiaan tahun 2021 hampir 2 miliar. Tapi semuanya tidak jalan. Apa yag salah disini,” kata Rompas.

Kritikan keras disampaikan oleh Ferry Lala dan Cindy Makal.

“Luar biasa ini pemerintah Tomohon. Banyak sumber air. Miliaran dana negara sudah di berikan, tapi masih banyak warga yang kesulitan air bersih,” ujar Lala dan Makal.

“Oke, mungkin pemerintahan yang lalu lalai. Dan kami menunggu perhatian walikota dan wakil walikota sekarang. Apa bisa lebih baik atau sama, atau justru lebih parah dalam hal memperjuangkan kebutuhan paling penting ini,” tantang Lala dan Makal.

Saat dikonfirmasi, pihak PDAM Tomohon ternyata punya alasan yang sederhana.

“Soal Proyek SPAM di Kinilow itu, saya pikir bagian tekhnik yang paling tahu. Tapi sepengetahuan saya, dua proyek di Kinilow itu belum diserahkan pada PDAM. Jadi kita pikir, belum bisa mengomentarinya,” ungkap Kepala Sub. Bagian Umum/Personalia PDAM Tomohon Robby Peleng.

Menurutnya, untuk kejelasan proyek perlu dikonfirmasi ke Dinas PU-PR.

“Jadi tanyakan ini pada PU-PR karena mereka yang kerjakan. Dan untuk ketersediaan air bagi pelanggan PDAM, tentunya kami akan terus berupaya untuk melayani kebutuhan para pelanggan,” pungkas Robby. (Joppy Wongkar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *