Minggu, Oktober 06, 2024

Hari Kesatuan Gerak Ke-51 PKK Tahun 2023 Sulut Digelar di Minahasa

Headline Minahasa Terkini Terpopuler

Peringatan HKG PKK ke-51, dihadiri langsung Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Sekprov Steve Kepel serta ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Sekretaris PKK Dr Kartika Devi Kandouw Tanos, Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, bersama Sekda Lynda Watania.

Kegiatan yang mengangkat tema “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh,  Bupati Minahasa Royke Octavian Roring, dalam sambutannya menyampaikan Puji syukur kepada Tuhan atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Minahasa menjadi tuan rumah rangkaian kegiatan Hut HKG ke -51 TP – PKK Provinsi dilaksanakan di Kabupaten Minahasa.

“Saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaan Pemerintah provinsi, HKG ke 51 di Kabupaten Minahasa,”kata Bupati Minahasa Royke Roring.

Sementara Ketua TP PKK Minahasa Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP dalam sambutannya mengatakan, PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957.

Dra. Fenny Roring Lumanauw, SIP menjelaskan, dari seminar tersebut menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga, ditindaklanjuti oleh Kementrian Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan pada tahun 1961.

“Pertemuan itu menetapkan 10 Segi Kehidupan Keluarga sebagai Kurikulum Pendidikan, Kesejahteraan Keluarga yang diajarkan di sekolah-sekolah,” jelas Lumanauw.

Kesempatan yang sama, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan, didampingi Sekretaris dr Kartika Devi Tanos, terlebih dahulu mengucapkan terima kasih karena acara ini di selenggarakan di Minahasa.

“Setiap tahun dilaksanakan HKG PKK, dan tahun ini dilaksanakan di Minahasa, tentunya kita mengucap syukur dan berterima kasih, karena Pemkab Minahasa telah menyiapkan segala sesuatu untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan PKK Provinsi Sulut ini,” kata Tamuntuan.

Lanjutnya, sebagaimana layaknya peringatan suatu Ulang Tahun, menurut Tamuntuan, lewat momentum peringatan HKG PKK Ke-51 Tahun 2023 ini, sangat mengharapkan agar rangkaian peringatan semacam ini, bukan semata-mata kegiatan rutin tahunan saja.

Dan bukan merupakan kegiatan yang hanya sarat dengan acara seremonial sesaat saja, setelah itu tidak ada lagi gaungnya.

“Saya harapkan, kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK, haruslah selalu menimbulkan gelora, yakni membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK,” jelasnya.

Kata dia, semangat yang menggelora itu senantiasa harus menjadi energi untuk bergerak bersama.

“Atas dasar itulah, maka Tema HKG PKK Ke-51 Tahun 2023 ini adalah Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh, ini mengandung makna yang sangat mendasar di era ini, yaitu kebersamaan dan keterpaduan yang harus kita curahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat secara keseluruhan,” papar Tamuntuan.

Dalam kasempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey, dalam sambutannya menyampaikan banyak selamat atas suksesnya acara HKG PKK ke 51 yang dipusatkan di Kabupaten Minahasa.

“Banyak selamat atas terselenggaranya kegiatan HKG PKK ke 51 ini. Tentu kegiatan ini boleh berjalan dengan baik atas tuntunan maha besar Tuhan,”kata Gubernur.

Menurut Gubernur, peran Ibu-Ibu sangat sentral dalam kehidupan bermasyarakat. Ibu-ibu tentu adalah harapan masyarakat dan rumah tangga. Jika ibu- ibu PKK aktif, Sulawesi Utara tentu akan maju dan tambah hebat.(*/Advetorial)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *