MINAHASA, SULUTPOST – Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano, kini mengalami kemajuan. Baik itu pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD), poli, rawat inap, rawat jalan, maupun farmasi.
Buktinya, akhir-akhir ini, jumlah pasien yang datang berobat di rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten Minahasa itu, terus mengalami lonjakan.
Bahkan, di awal hingga pertengahan bulan Juni 2023 ini. Jumlah pasien yang datang berobat, baik itu di poli, IGD, rawat inap maupun rawat jalan, mencapai ribuan orang.
Direktur RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, Dr Nancy Mongdong MHSM SpPD, mengatakan bahwa lonjakan pasien akhir-akhir ini, tak lepas dari kualitas pelayanan yang diberikan.
“Saat ini, memang managemen telah melakukan banyak perubahan dari segi kualitas pelayanan. Termasuk di bidang farmasi, yang saat ini sudah ada dua apotek di rumah sakit,” kata Mongdong kepada media ini, Jumat (16/6/23) siang tadi.
“Tentunya ini menjadi motivasi bagi managemen dan seluruh staff agar terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” kata Nancy.
Dirinya pun mengakui masih ada beberapa kekurangan dalam managemen rumah sakit. Namun, dirinya optimis kekurangan tersebut bisa dibenahi secara bertahap.
“Memang kita masih ada beberapa kekurangan dari segi SDM. Tapi dari segi pelayanan sudah lebih meningkat dari sebelumnya,” ungkap Nancy.
Kemajuan pelayanan RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano tersebut, mendapat pujian dari sejumlah masyarakat, tak terkecuali Youla Rumayar.
Lansia asal Keluruhan Roong itu menilai, bahwa saat ini, rumah sakit yang kini berstatus Balai Layanan Umum Daerah tersebut, sudah mengalami kemajuan.
“Jika dibandingkan dengan sebelumnya, pelayanan sekarang sudah cepat. Tidak ada lagi masalah ketika kita datang berobat ataupun mengambil obat di apotek. Semuanya dilayani dengan baik,” kata Runayar kepada media ini, siang tadi.
Hal yang sama diungkapkan Novi Siwu, warga Ranomerut, Kecamatan Eris. Ia pun mengungkapkan bahwa saat ini RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano, telah mengalami perubahan dari segi pelayanan.
“Harus diakui, pelayanan Rumah Sakit Tondano sudah mengalami kemajuan. Di IGD, cucu saya langsung dilayani. Dan paling utama para tenaga kesehatan melayani pasien yang darurat,” ungkapnya.
Dari pantauan media ini, Jumat (16/6/23) pagi hingga sore hari, jumlah pasien yang berobat cukup banyak. Mulai dari IGD, poli, maupun di apotek, terjadi antrian panjang.
Untuk diketahui, belum lama ini, RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano, meraih Akreditasi Paripurna Bintang Lima, yang diberikan Lembaga Akreditasi Rumah Sakit (LARS) Damar Husada Paripurna (DHP).(*/Wil Wongkar)